Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

March 12, 2010

Aplikasi Resize Perkecil Beberapa File Foto Sekaligus

Kesulitan atau terlalu lama Upload Foto ke Facebook / Email karena Ukurannya Kebesaran?

Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat mencoba upload beberapa foto pada Facebook / Email ataupun situs jejaring sosial lainnya ? Misalnya proses upload yang terlalu lama, sampe-sampe batalin upload. Kalau begitu ngga jadi dong foto keren kamu tampil di Facebook. Apabila iya, sebaiknya kamu harus cek dulu tuh foto-foto yang bakal diupload ke album foto Facebook. Bila kamu mengalami kesulitan seperti lamanya proses upload ataupun kegagalan, biasanya itu disebabkan karena ukuran foto yang terlalu besar.

Nampaknya kamu harus mengubah ukuran (resize) terlebih dahulu foto-foto tersebut. Belum tahu caranya? Yup, dengan bantuan program !! Mungkin banyak yang sudah tahu caranya mengubah ukuran atau mengecilkan foto dengan program, salah satunya dengan bantuan ACD See. Dengan program seperti itu dan sejenisnya foto yang tadinya kebesaran bisa dikecilkan ukurannya, jadi lebih cepat buat diupload ke Facebook. Sekarang gimana kalo foto yang kamu akan masukkan jumlahnya lebih dari satu. Misanya ingin memasukkan foto lebih dari sepuluh gitu ?? Terlalu merepotkan dan kelamaan bila harus ngecilin satu per-satu.



Perkecil Beberapa Foto sekaligus !! Terdapat banyak program aplikasi yang bisa ngecilin beberapa foto sekaligus. Tapi disini saya hanya menjelaskan salah satu program saja, yaitu Imgares 1.47. Dengan tiga langkah, beberapa buah foto dapat diperkecil sekaligus.

Download softwarenya pada link di bawah (akan langsung terdownload dari situs aslinya) dan silakan diinstall.
Program ini berukuran relatif kecil dan penggunaannya ngga terlalu sulit. Kamu bisa simpan file install (setup) program ini pada flashdisk. Walaupun bukan portable software, kamu bisa install dan pake program ini jika sedang main internet di warnet karena ukuran filenya yang tergolong mini.

Banyak pilihan yang bisa dilakukan dengan program ini selain mengubah ukuran foto, seperti mengubah ketajaman, mengisi warna background dan memberi text. Tapi karena artikel ini berhubungan sebatas pada cara memperkecil beberapa foto sekaligus biar ngga kesulitan saat upload ke Facebook, jadi saya hanya berikan langkah-langkah mengecilkan ukuran foto dengan program ini secara sederhana.

Langkah-langkah :

1) Jalankan program Imgares 1.47 yang sudah didownload tadi. Klik ganda icon Imgares (shortcut) pada desktop.

2) Pada kiri bawah jendela program :

img2

Klik "Add Files" untuk memilih beberapa foto tertentu pada folder untuk diproses.
Klik "Add Folder" untuk memilih semua foto yang ada pada sebuah folder untuk diproses.


Jika memilih beberapa foto saja dari sekian banyak foto dalam satu folder, cara terpraktis yaitu dengan mengklik foto-foto yang dipilih (tekan tahan tombol "Ctrl" dan pilih dengan klik foto yang diinginkan), selanjutnya di-drag (tekan klik kiri tahan & geser) ke kolom "Drop (images) here" pada program tersebut.
3) Dibawah "Use Percentage" ubah angka 100 untuk mentukan berapa % foto akan diubah dari ukuran aslinya. (contoh : bila ukuran foto asli 1600 Kb (1,6 Mb), ubahlah menjadi 30 % atau sesuaikan dengan selera kamu).
4) Tentukan dimana kamu akan menyimpan foto yang akan diubah ukurannya.[Catatan : Secara default, dimanapun kamu menyimpan hasil resize, program ini akan otomatis membuat folder baru yang bernama "Imgaresed". ]


Letak folder hasil resize bisa diperiksa di "Specify output folder". Lihat gambar dibawah.

img3

Bila ingin menentukan folder tertentu buat menyimpannya, klik titik-titik disebelah "Specify output folder" untuk mem-browse folder dimana file hasil resizing akan disimpan, atau klik "Make New Folder" untuk meletakkannya pada folder baru pada sebuah directory.

img1

Misalnya My Computer -> drive D:(data) -> New Folder (atau terserah kamu).

5) Setelah semua disetting secara benar seperti diatas, lanjutkan dengan klik tombol “Start” untuk mulai proses mengubah ukuran foto-foto yang dipilih. Selanjutnya akan muncul beberapa dialog box, ikuti sesuai pilihan perintah untuk mengakhiri aplikasi.

6) Selesai. Lihat hasilnya. Coba cek untuk mengetahui ukuran foto yang baru dengan klik kanan foto kemudian klik Properties atau dengan melihatnya melalui Windows Explorer pada menu bar klik View -> Details.

Ulangi langkah-langkah diatas apabila ternyata ukuran tidak sesuai dengan yang diharapkan atau foto terlalu kecil.
Bila sudah berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan, kamu tinggal meng-upload foto-foto tersebut ke dalam album foto Facebook.
Untuk lebih tahu kegunaan dan mengetahui fitur lebih lanjut pada program, kamu ini bisa mencoba-coba sendiri.

(admin : sebenarnya artikel ini telah pernah diposting sebelumnya disini, tapi karena dirasa isi artikel ini masih sangat relevan dan software ini sangat banyak membantu, maka dengan editing dan koreksi seperlunya artikel ini kembali diposting dengan keyword yang baru)

5 comments:

  1. Terima kasih sobat dengan software ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas, waktu jadi lebih efisien.

    ReplyDelete
  2. Benar, software ini memang telah banyak membantu siapa saja..

    Terima kasih sudah berkunjung & memberikan komentar... :)

    ReplyDelete
  3. Applikasi yang sangat bermanfaat, terima kasih ya

    ReplyDelete
  4. Software Aplikasi yang sangat keren, untk mengubah ukuran foto, thks informasinya

    ReplyDelete