Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

October 11, 2008

Cara Praktis Belajar Komputer dan Internet bagi Pemula

(Vhy - Admin)

Belajar Komputer dan Internet? Siapa takut??

Artikel ini ditujukan bagi kamu para pemula (newbie/noob) yang baru mengenal komputer dan masih belum begitu terbiasa cara mengoperasikan komputer maupun mengakses internet. Bagi kamu bukan pemula kelihatannya memang sepele, dan silakan dilewatkan. Tetapi tidak ada salahnya turut membaca. Siapa tahu kamu bisa melengkapi dengan kritik, saran dan masukan.


Saat kamu memulai belajar suatu program atau berinternet (ketika sedang mengakses semua program/aplikasi/software apapun), ketahuilah bahwa suatu program diciptakan agar mudah diaplikasikan dan dioperasikan bagi semua orang. Kamu tidak perlu takut untuk memulai belajar komputer dari nol. Karena pasti setiap program aplikasi, apapun itu, telah dilengkapi dengan tata cara dan petunjuk bagi penggunanya yang disertakan didalamnya. Semua itu "tersembunyi" dalam menu "Help".

Fungsi Menu "Help" yang (seringkali) Terabaikan oleh Para Pengguna Komputer


Semua program telah dilengkapi dengan menu "Help" yang pada umumnya terletak di kanan atas menu setiap aplikasi. Jadi apa lagi? Bila kamu kesulitan, cukup buka menu "Help". Memang banyak orang yang tidak menyadari (sebenarnya tahu dan paham betul bahwa Help disini berarti bantuan), tetapi amat jarang pengguna memanfaatkan secara optimal. Padahal disitu telah dituliskan semua hal tentang tata cara dan petunjuk pengoperasian mulai A hingga Z.


Kenapa orang-orang jarang menggunakannya? Apakah karena malas membaca? Malas membaca? Hmmm, bukankah menjalankan komputer harus disertai kemampuan membaca? Jadi apa ya??

Atau karena malas meluangkan waktu untuk sedikit berpikir memahami langkah-langkah yang diberikan pada menu bantuan tersebut? Bisa jadi itu kemungkinan pertama. Kemungkinan kedua adalah, tidak mengerti bahasa Inggris. Karena semua program sebagian besar ditulis dalam bahasa Inggris.

Wah, kalau sudah begini bagaimana ya? Jadi mesti kursus bahasa Inggris dulu sebelum belajar komputer dan internet? Tidak juga, bukan begitu. Tidak perlu pintar berbahasa Inggris untuk mengerti dan bisa mengoperasikan komputer. Tapi.... berpikir simpel (praktis) akan menjadi suatu nilai plus baik bagi pemula maupun pengguna yang telah terbiasa sekalipun. Jadi....? (semakin bingung?)

Begini, bukankah kita sudah diajarkan bahasa Inggris di sekolah-sekolah. Kalau kamu bukan termasuk orang yang pintar untuk pelajaran bahasa Inggris di sekolah, mungkin dengan belajar komputer dan internet kamu bisa jadi lebih pintar berbahasa Inggris (minimal pasif). Nah loh, koq bisa?? Tentu saja, karena semuanya yang kamu hadapi mau tidak mau kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Biar ngga bertele-tele, langsung saja..
Siapkan selalu kamus kapanpun kamu berurusan akan dengan komputer dan/atau internet (kamusnya usahakan kamus lengkap yah, yang tebal gitu...). Atau bagi kalian yang sudah memiliki kamus elektronik akan lebih praktis lagi. Kamus bukan hanya dibawa pada saat ada pelajaran Bahasa Inggris di sekolah atau sebagai penghias lemari (atau bahkan cuma untuk menggeplak kecoa yang suka iseng tour di kamar kamu). Nah, bagusnya lagi sekarang sudah ada kamus online milik Google yaitu google translate. Jadi apa lagi yang kurang? UPDATE : Di jaman smartphone sekarang ini sudah banyak aplikasi translator, kini tinggal memanfaatkan aplikasi tersebut.
Setiap ada kalimat yang kamu belum pahami saat "bermain" komputer, atau berinternet cari kata-kata pentingnya (baca:kata kunci) yang kamu ngga ngerti dan buka tuh kamus. Kemudian cari tau artinya.

Memang tidak gampang mengartikan dan mengertikan bagi kamu yang tidak biasa, apalagi bagi yang telanjur menyepelekan bahasa Inggris. Sangat membosankan pada awalnya, bolak-balik buka kamus atau membuka google translate atau ketik-ketik smartphone. Demi menambah pengetahuan, semua itu lambat laun akan hilang bila semua diawali dengan niat untuk bisa. Yeaahh...!!!

Kembali ke menu "Help", gunakanlah menu yang telah disediakan tersebut semaksimal mungkin. Baik itu program yang biasa kamu pake buat tugas kamu di sekolah, seperti Ms Office (Word, Excel, Power Point, dsb) atau selagi kamu browsing di internet.

Daripada kamu beli buku panduan belajar komputer program belajar ini itu, mendingan uangnya dipake nabung. Kamu ngga perlu lagi pake buku-buku semacam itu. Tinggal buka bantuan dari menu "Help" pada program yang kamu jalankan, bila mengalami kesulitan cara mengoperasikannya.

Coba saja dipraktekan pada program yang sama sekali belum pernah kamu pake (tapi ingat juga jangan terlalu memaksakan diri). Pilihlah aplikasi sederhana sebagai permulaan. Cari petunjuk penggunaan dari menu "Help". Terapkan sedikit demi sedikit. niscaya kamu akan selangkah lebih maju dalam menguasai aplikasi/program dibandingkan teman-teman kamu.

Oiya, saya punya tugas buat kamu, cari arti kata dari Default. Itu saja...

Berikut ada beberapa tips bagi para pemula/newbie yang ingin belajar komputer & internet dari pengalamanku :
1. Niat dan kesabaran (itu pasti)
2. Percaya akan kemampuan diri sendiri jangan takut salah.
3. Berpikirlah bahwa semua hal yang berhubungan dengan komputer, internet dan IT bukanlah suatu hal yang menakutkan, apalagi sulit dipelajari.
4. Perkaya kosa kata bahasa Inggris.
5. Baca, teliti dan mengertikan baik-baik yang tertera di layar komputer ketika "bermain" komputer atau nge-net.
6. Berpikirlah secara praktis. Mengertikan suatu perintah atau petunjuk dalam suatu aplikasi dengan selalu menyadari tujuan kamu menggunakan aplikasi yang bersangkutan.
7. Perhatikan secara seksama petunjuk dalam bentuk tulisan maupun icon-icon, karena akan sangat membantu memudahkan kamu dalam menjalankan aplikasi.
8. Selalu gunakan menu bantuan (help) apabila mengalami kesulitan. Temukan dan gunakan selalu kata kunci. Kata kunci ini berhubungan dengan apa tujuan yang sedang kita lakukan ketika menggunakan komputer. Begitu juga dengan saat kita perlu browsing sesuatu di internet, menggunakan kata kunci yang tepat. Pikirkan dan gunakan kata kunci sebagai langkah sesuai keperluan dan jalankan hanya yang ingin dikerjakan. Lewati/abaikan bagian dimana kamu tidak memerlukannya. 
9. Ulangi dari awal jika menemui hambatan dan perhatikan dimana kita salah langkah.
10. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi jika kita tidak berani menekan klik pada pilihan yang ada jika tidak pernah mencoba, Hal ini mutlak berlaku saat belajar komputer dan internet. Kuncinya adalah mencoba langkah demi langkah sesuai petunjuk dan mengulangi kembali ke awal atau langkah sebelumnya sesuai alur bila melakukan kesalahan. 

Percayalah setelah kamu lebih banyak: 1) mengerti kosa kata dasar bahasa Inggris, 2) mengerti maksud kata kunci dan 3) terbiasa berpikir praktis, tidak terasa kamu akan menjadi lebih mahir. Di level selanjutnya tidak akan perlu berlama-lama membaca apa yang semua tertera pada layar komputer, dengan sekilas melihat kamu akan bisa menemukan hal terpenting dari tujuan yang kamu cari dan bisa bekerja lebih efisien dengan komputer dan menggunakan internet...semoga berhasil

2 comments:

  1. memnag benar sekarang ini dari internet itu sangat lebih efektif ketimbang disekolah, namun tidak ada guru.

    ReplyDelete