Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

October 31, 2008

Percepat Startup Windows

Berapa lama kamu menunggu saat pertama kali menyalakan komputer hingga masuk ke tampilan desktop pada layar monitor? Adakah harus menunggu hingga sekitar dari dua menit atau bahkan lebih? Walaupun kita bisa sabar menunggu, tapi apabila ini harus terjadi tiap kali kita menyalakan komputer, apalagi perlu untuk segera digunakan. Rasanya kita bakalan nggak sabaran juga.

Lamanya waktu ini, biasanya ini disebabkan banyaknya aplikasi yang ikut serta dalam proses startup. Ini bisa terjadi karena kebiasaan kita menginstall apalikasi tanpa membaca dan memperhatikan petunjuk saat proses install. Mengapa? Karena kemungkinan pada tampilan wizard setup pada step install kamu secara tidak sadar mengklik tombol “Yes” pada saat ditanyakan apakah akan mengikutsertakan program pada posisi startup.


Pada artikel ini akan dijelaskan tentang konfigurasi startup pada Windows agar saat booting, hanya program tertentu saja yang ikut diload pada proses startup. Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang ikut dalam start up dapat dilihat melalui folder startup kemudian men-delete-nya. Tapi untuk lebih memastikan dapat juga melalui sistem konfigurasi. Begini langkah-langkahnya :

  • Klik menu Start -> Run
  • Ketik msconfig kemudian klik OK
  • Akan muncul box System Configuration Utility. Pada General tab pilihlah Selective Startup.
general_tab

  • Selanjutnya klik Startup tab. Disitu terdapat beberapa pilihan beberapa aplikasi yang diijinkan untuk ikut dalam startup. Hilangkan kamu check box untuk menonaktifkan dari startup.
startup

  • Kemudian klik Service tab. Kamu harus berhati-hati dan paham betul dalam melakukan setingan pada tab ini. Karena disini banyak sistem XP yang ditampilkan. Jangan sampai menonaktifkan item yang salah.
Image and video hosting by TinyPic

  • Untuk lebih amannya klik pada kotak Hide All Microsoft Service. Setelah itu akan ditampilkan beberapa item aplikasi dalam sistem XP. Sampai disini kamu bisa menghilangkan kamu pada check box.
Image and video hosting by TinyPic

  • Klik OK. Untuk bisa melihat hasilnya klik Restart.

Catatan:

- Tips ini hanya untuk Windows XP Professional.
- Gambar yang ditampilkan pada contoh adalah System Configuration Utility dari Windows XP Professional Service Pack 3.

2 comments:

  1. terima kasih banyak informasinya yg sangat membantu
    semoga bisa juga bermanfa'at buat yg lain
    salam sejahtera buat keluarga
    salam rahayu (denlanang)

    ReplyDelete
  2. terima kasih, mampir terus ya??

    ReplyDelete