Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

September 18, 2010

Mengatasi Permasalahan Kegagalan Instal atau Repair Windows XP 34 Minutes

Solusi Kegagalan Instal / Repair Windows XP saat proses menunjukkan "34 minutes".

Pada saat ingin menuliskan artikel ini, saya sempat kebingungan mencari judul yang pas dan langsung kena (langsung kena = meminjam istilah toko komputer second "1 bal"). Kira-kira sudah tepat nggak yah?? Hehe.. Sebagai tambahan mungkin kiranya saya perlu tuliskan sedikit penjelasan tentang judul artikel kali ini.

Kalau dipaparkan lebih jauh judul artikel diatas maksudnya kira-kira begini : "Mengatasi permasalahan  kegagalan instal  ulang ataupun repair Windows XP, saat menunjukkan "34 minutes" - yang berarti proses instalasi tersisa tinggal 34 menit - tapi tidak menunjukkan perubahan menjadi 33 minutes atau lanjut ke proses berikutnya.

Wew, panjang banget kalau dijadikan judul yah? Ok, to the point saja... 

Pengguna XP yang ingin me- repair windows ataupun menginstall ulang windows dengan CD Setup Windows barangkali pernah mengalami permasalahan komputer yaitu macetnya proses instal atau tidak ada kemajuan ketika setup menunjukkan "34 minutes" seperti gambar thumbnail diatas.

Apa masalah yang terjadi sehingga mengalami hal tersebut? Mungkin kamu yang pernah mengalaminya mengira kalau CD Setup Windows XP mengalami kerusakan seperti permukaan CD tergores sehingga pada saat menunjukkan 34 minutes, layar tidak menunjukkan perubahan berkurangnya waktu instalasi. Hal itu ternyata bukan penyebab dari macetnya proses instal tersebut, Kalaupun CD installer mengalami goresan, paling tidak proses instalasi akan gagal sebelum sampai disana (34 minutes).

Lalu apa penyebab dari permasalahan serta bagaimana solusinya? Sebenarnya solusinya relatif mudah. Hapus file sederhana yang membuat instalasi Windows XP kamu terhenti.

Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut : (Ingat !! Intinya adalah sabar dan pengendalian diri, hagz..hagzz... )

1.  Restart komputer. Coba tunggu dan biarkan hingga setup Windows XP menunjukkan "34 minutes" lagi.
(Penjelasan : Disini penyebab macetnya instalasi Windows saat menunjukkan 34 menit adalah windows mencoba mengidentifikasi hardware yang menyebabkan masalah. Pada saat restart Windows setup akan otomatis mencoba melewati hardware yang bermasalah tersebut.)

2. Bila ternyata masih tidak menunjukkan ada kemajuan, sekali lagi restart komputer kamu. Namun kali ini, keluarkan terlebih dahulu CD setup Windows dari CD/DVD ROM kamu.

3. Biarkan Windows mengulang kembali proses instalasi, jangan memasukkan CD bila kamu diminta memasukkannya. Kali ini tekan Shift F10, maka keluarlah jendela command prompt. Ketikkan setupapi.log, kemudian tekan ENTER. Segera terbuka jendela notepad.

Pada notepad tersebut terdapat tulisan-tulisan, scroll ke bagian paling bawah. Carilah kata yang berakhiran dengan ".inf" (windows mencatat berupa info saat terakhir menciptakan file ekstensi ".inf" sebelum instalasi windows mengalami macet). Ini berarti bahwa perangkat hardware yang disebutkan dalam beberapa baris terakhir mengalami kerusakan. Dalam kasus yang saya alami, setup windows mengalami kegagalan instalasi modem dimana Windows XP menciptakan file bernama mdmcxpt.inf.

4. Untuk kasus kamu, identifikasi & ingatlah (catat) file yang berakhiran ".inf"  yang kamu temukan paling akhir pada notepad, dimana file tersebut adalah file .inf yang menunjukkan mengalami kegagalan instalasi pada Windows kamu. Setelah itu tutup jendela notepad tadi.

5. Delete/hapus file berekstensi ".inf" yang terkait dengan kerusakan hardware.
 Caranya :
  • Kembali ke command prompt, ketikkan del C:\windows\inf\mdmcxpt.inf (ganti file yang berwarna biru sesuaikan dengan file inf yang terkait dengan kerusakan yang telah dicatat tadi). Antara del dan C ada spasi.
  • Kemudian tekan ENTER. Windows akan mekonfirmasi perintah del (hapus) tadi dan segera menghapusnya.
6. Terakhir, masukkan kembali CD setup Windows kamu, dan restart komputer. Ulangi proses repair atau instal ulang. Windows dengan sendirinya akan melewati proses instalasi driver dari hardware yang mengalami kerusakan.  Maka kali ini instal ulang / repair Windows XP akan lancar melewati proses "34 minutes" yang mengalami macet tadi.

7. Semoga berhasil...

Catatan : Hanya boleh dilakukan oleh pengguna komputer yang sudah berpengalaman tingkat menengah ke atas. Sangat tidak disarankan bagi pemula untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya mintalah petunjuk dan bimbingan  langsung dari yang lebih berpengalaman dalam mengikuti tutorial diatas.

26 comments:

  1. saya sering mengalami hal seperti ini kawan,tips ini sangat bermanfaat bagi saya :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih, jangan lupa berkunjung lagi.. :)

    ReplyDelete
  3. @LEX: thanks jg bro. Siplah kalo udh terbantu.
    Jangan lupa mampir lagi & jangan lewatkan artikel-artikel yg laen akan menyusul..

    ReplyDelete
  4. Sudah seperti iyu, kok malah ngadat di 35 menitnya y!

    ReplyDelete
  5. Coba diulangi lagi menunggu hingga 35 menit, seandainya ngga mau maju-maju juga prosesnya, ulang kembali dari langkah ke-2 dan seterusnya...

    Terutama saat pada langkah ke-3, diteliti lagi apakah ada yang kegagalan instalasi lain, seperti hasil yang dapat dilihat pada setupapi.log.

    Semoga berhasil..

    ReplyDelete
  6. Mantap banget ya gan !!!!!!

    blog ini cukup ramai sekali , penataanya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!! Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Salam kenal...
    Thanks bro udah berkunjung ke blog saya, dan saya sudah berkunjung ke blog agan juga..

    Blog agan keren abizz...
    2 thumbs up...keep on blogging in the free world, yeah... \m/

    ReplyDelete
  8. yang saya tanyakan
    gimana cara ngeliat file inf yang terkait dengan kerusakan. Tolong kasi contohnya dong
    sudah seminggu tdak pegang kmputer.
    tolong ...please...!!!!

    mampir di blog ane y..!
    arkla-gresik.blospot.com

    ReplyDelete
  9. wah udh seminggu gag pgang kmputer yah? Mas Syamsul pgang bini mulu seeh.. :D (just kid)

    Cara ngliat file .inf-nya saya kira udh jelas saya tuliskan di artikel itu. Ok sy ulang aj dh.
    Klw udh nyampe di langkah ke 3, tekan Shift F10 bersamaan, trus jendela command prompt. Ketikkan setupapi.log, trus di ENTER ajah.

    Habis tuh keluar notepad, cari aja tulisan yg paling bawah yg ada akhiran .inf.

    Trus catat atau inget2 dah, lanjut ke langkah 5&6, keknya udh jelas sy tulis langkah2nya..

    Gut lak yah mas? Klw ada apa2 commen lg..

    ReplyDelete
  10. Coba dibaca langkah-langkah dengan baik dan pahami. Sebaiknya saat instalasi windows didampingi teman yang lebih berpengalaman saat mengikuti tutorial ini. Semoga tidak bingung.

    ReplyDelete
  11. saya pernah mengalami masalah tersebut, dan saya coba triknya ternyata berhasil sampe restart. ttpi masalah baru setelah restart langsung masuk BSOD, trus saya reset masuk ke windows start normaly sya enter balik ke BSOD. solusinya bagaimana tuh ?, hard disk saya SATA tp bs dirubah di BIOSnya dari AHCI ke IDE, Trims semuanya

    ReplyDelete
  12. saya pernah mengalami masalah tersebut, dan saya coba triknya ternyata berhasil sampe restart. ttpi masalah baru setelah restart langsung masuk BSOD, trus saya reset masuk ke windows start normaly sya enter balik ke BSOD. solusinya bagaimana tuh ?, hard disk saya SATA tp bs dirubah di BIOSnya dari AHCI ke IDE, Trims semuanya

    ReplyDelete
  13. terima kasih mas bro atas tutorialnya.... jangan bosan2 ya kasih yang beginian....
    one more time... thanks a lot....

    ReplyDelete
  14. sya sering mengalami hal seperti ini. Yg sya lakukan hanyalah mengganti penggunaan cdroom. Hasil minjem he...he... Tp apa salahnya ane coba trick ini. Sapa tau manjur. Makasih sob...

    ReplyDelete
  15. Mas, saya mau tanya. Masalah yg di atas hampir sama dengan kejadian yg saya alami, tapi pas proses 34 minutes tersebut komputer saya mati, dan saya ulangi prosesnya lagi juga sama. Kalau seperti bagaimana solusinya mas? Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Artikelnya bagus, boleh dimasukin info tentang window7 ? katanya window xp bakal di stop update patchnya mulai tanggal 14 Desember Besok ? apa betul itu mas ?

    ReplyDelete
  17. gmna kalo banyak .inf nya gan...yg mna yg hrs dhpus

    ReplyDelete
  18. @ ins : pada langkah ke-3 telah dituliskan dalam tanda kurung :(windows mencatat berupa info saat terakhir menciptakan file ekstensi ".inf" sebelum instalasi windows mengalami macet)

    Jadi file .inf yang harus dihapus adalah .inf yang tercatat terakhir pada setupapi.log tersebut.

    Untuk memperjelas telah saya update pula penjelasan untuk point 4.

    Terima kasih untuk ins. =)

    ReplyDelete
  19. mas punya saya koq malah warnaya jadi item mulu...itu ada apa ya???

    ReplyDelete
  20. @zakki: bisa dijelaskan lebih lanjut, warna item itu saat masuk proses dimana?

    ReplyDelete
  21. wess, ini masalah yang lagi saya alami. postingan lama tapi sangat berguna bagi saya saat ini.

    patut di coba....thx btw

    ReplyDelete
  22. trims bgt gan info nya, sy praktekin lngsung sukses, smoga blog nya makin rame & nambah artikel yg bermutu lainnya, slm knal

    ReplyDelete
  23. alhmdullah mas bro.... akhirnya ada juga solusinya setelah bingung utak atik dan tanya2 ke para suhu... 100%jwbn nya hardware lah HDD lah RAM lah.....

    ganti HDD_RAM hasil nya sama aja stuck di 14 minutes

    malam 2 iseng googling dengan pencarian kata " 14 menit mati pas nginstal" eh ktmu ini>..........
    nuhun kang. buat artikel dan trick nya sanat bermanfaat..
    kl boleh minta pin BB/NO HP nya gan...

    ReplyDelete
  24. tq infonya gan...akhirnya beres masalah gw stlah bergadang 3 malam berahir juga masalah gw di blog ini.hehehehe

    ReplyDelete