Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

December 08, 2014

Cara Setting Print Kertas Ukuran F4


Selama ini banyak orang salah kaprah mengganggap ukuran Legal adalah sama dengan F4. Ketika mencetak dokumen yang keperluannya menggunakan ukuran F4, sering kali pengaturan pada dokumen diatur ke ukuran Legal. Pada semua merek printer, pasti telah terdapat pilihan mencetak berbagai macam ukuran kertas, namun tidak demikian halnya dengan F4.

Kesalahan banyak dilakukan oleh karena kebiasaan pengguna komputer yang tidak pernah memperhatikan hal yang berhubungan ketika sedang bekerja menggunakan komputer. Sebagai contoh pada urusan mencetak (printing) menggunakan kertas berukuran F4, ukuran detail pada Page Setup dokumen yang akan dicetak tidak diperhatikan. Pengguna komputer yang lalai ini juga tidak pernah menyadari/memperhatikan tulisan yang tertera pada bungkus kemasan kertas F4 yang dipakai mencetak.  

F4 vs Legal

Supaya tidak mengulangi atau terhindar dari kesalahan setting, berikut tutorial cepat pengaturan print untuk kertas F4. Dengan cara ini hanya perlu sekali setting untuk printer default yang kita gunakan. Selanjutnya semua file dari aplikasi apapun (Ms. Word, Ms Excel, File Gambar dsb.) yang bisa dicetak akan memuat satu tambahan pilihan ukuran baru, dalam hal ini F4.

1. Temukan dan klik Devices and Printer (Win 7/8) atau Printer and Faxes (Win XP) dari start menu. Kemudian klik kanan dan klik Printer Preferences pada printer yang akan digunakan untuk mencetak [sebagai contoh yang dipakai disini menggunakan Epson Type L100]
Printing Preferences Epson L100
Dialog Box "Printing Preferences' pada Epson L100

2. Klik Document size, pilih dan klik User-Defined. 

Cara Setting Print Kertas Ukuran F4
Tampilan Dialog Box User-Defined
Pada dialog box dapat dilihat ada 2 jenis satuan ukuran (unit) : "mm" dan "inch". Pilih mm dengan cara klik mm. Gantilah sesuai ukuran kertas F4 dengan cara mengetik pada kolom : "Paper Width" 215 ; "Paper Height" : 330. Ganti User-Defined di bawah "Paper Size Name" menjadi F4 (pada contoh diganti menggunakan F4 nih). Klik Save, Ok dan Ok.

Mulai sekarang dan di kemudian hari, setiap akan memulai membuat dokumen baru, pilihan kertas F4 sudah tersedia karena otomatis tersinkron dan tidak perlu mengatur kembali printer seperti langkah tadi. Terkecuali jika ingin menggunakan printer lain, maka kamu harus mengulangi langkah setting pada printer yang akan digunakan.

Silahkan cek dengan membuka aplikasi Ms. Word, Ms Excel atau aplikasi lain. Kini sudah terdapat pilihan baru dengan ukuran F4 pada Page Setup atau Paper Size. Dikarenakan baru saja ditambahkan, maka untuk pengaturan ukuran F4 akan dapat ditemukan pada bagian paling bawah list, tinggal scroll ke bawah untuk menemukannya. Gampang kan? Akhirnya kalian akan bisa mencetak dokumen secara benar pada kertas F4 dan akan menghemat kertas dari sebelumnya karena terhindar dari kesalahan pengaturan. 

13 comments:

  1. Makasih gan atas trik yang sudah di bagikan

    ReplyDelete
  2. Thanks banget gan sangat membantu buat saya, selama ini masih mengatut setiap kali mau print.

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat membantu gan, trims

    ReplyDelete
  4. makasiiiih bangeeet ,,, sangat sangaaaaat membantuuuuuu .....

    ReplyDelete
  5. thanks gan,, artikelnya bermanfaat banget dan sangat membantu...

    ReplyDelete
  6. oalah gitu gan ternyata.. baru tau ane gan hehe.. thanks gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wedyyaann, bikin kaget aja..X_x
      lagi asik-asik tidur nih
      Btw, thanks komen nya

      Delete