Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

April 19, 2012

Cara Disable Update Otomatis Google Chrome


Chrome, browser yang satu ini memang cepat sekali perkembangannya dan menjadi favorit bagi internet surfer selain Firefox, karena sama-sama memiliki fitur yang beragam. Namun artikel berikut hanya akan mengulas Cara Men-Disable Update Otomatis Google Chrome. Mengapa perlu di-disable? Bukankah akan lebih bagus menggunakan Chrome yang selalu terupdate, mungkin kamu berpikir begitu ?

Menggunakan Chrome (maupun software lain) yang selalu terupdate memang benar akan lebih bagus. Tapi kadang kita akan menjadi sangat terganggu bila pada saat sedang asyik online, tiba-tiba secara perlahan Chrome mengalami kinerja melambat atau bahkan macet. Terutama hal ini terjadi apabila kita menggunakan internet dengan bandwith yang terbatas ditambah komputer dengan performa biasa.


Biasanya sebelum melakukan update berupa penginstalan penyempurnaan fitur-fiturnya,  didahului dengan check update otomatis. Jadi apabila kita tidak ingin terganggu oleh aktifitas update otomatis yang kadang mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan, sebaiknya disable update dari chrome. Indikasi chrome melakukan update bisa dilihat pada task manager, dimana terdapat aktifitas Google Update pada process.

Men-disable update Chrome berguna bagi kamu yang kebetulan bekerja sebagai administrator jaringan di warnet atau kantor. Ketimbang menerima keluhan dari boss, customer atau pemakai dikarenakan melambatnya komputer saat Chrome melakukan update otomatis, akan lebih baik disable saja update otomatis dari Chrome. Bayangkan jika ada lebih dari 5 komputer pada jaringan, sedangkan bandwith terbatas, pemakai  tentunya tidak akan nyaman, terlebih jika Chrome mengupdate secara bersamaan.

Jadi, begini langkah-langkah untuk men-disable update Google Chrome (windows XP & windows 7) :

1. Langkah awal yaitu dengan menambahkan template ke Group Policy Editor. Untuk Windows; caranya terlebih dahulu Download Window Group Policy Template berikut "Google Update Administrative Template" dari situs Google. Setelah klik link tadi, otomatis sebuah file bernama GoogleUpdate.adm akan terdownload.

2. Buka grup policy editor, caranya pada START >> RUN >> ketik gpedit.msc >> tekan ENTER, kemudian muncul  gambar dibawah :
group_policy_editor

3. Klik Local Computer Policy - Computer Configuration – Administrative Templates

4. Lanjut dengan klik Action >> Add/Remove Templates pada Menu Bar.

5.Akan muncul pop up box, klik Add dan carilah file tempat kamu menyimpan file GoogleUpdate.adm yang sudah didownload tadi ( Langkah No. 1. ) dan tutup kembali. Klik Close.

add_templates

6. Setelah itu sekarang seharusnya kamu sudah bisa melihat Local Computer Policy - Computer Configuration - Administrative Templates – Google

7. Langkah untuk mendisable chek update Chrome adalah tinggal menuju item tadi, Administrative Templates - Google - Google Update - Applications - Google Chrome.

8. Kalau sudah ketemu klik Google Chrome, disebelah kanan akan kamu lihat Update Policy Override, klik 2x. Muncul pop up box seperti dibawah :

enabled

Klik Enable, kemudian pada pilihan “policy” dibawahnya klik pada “Updates Disable” dilanjutkan klik OK.
9. Selesai. Sekarang google chrome sudah tidak akan melakukan check update dan update otomatis lagi.

Penting !!!
Kamu harus mengupdate chrome secara manual demi keamanan & mendapatkan perbaikan yang berguna bagi peningkatan kinerja browser Chrome itu sendiri.

Caranya : kamu bisa mengupdate chrome dengan chrome offline installer (TANPA LANGSUNG MELALUI BROWSER). Ini adalah installer alternatif; dimana tidak memerlukan koneksi internet langsung untuk menginstal Chrome – dengan pengertian komputer kamu tetap terkoneksi internet tapi bukan meng-update langsung melalui browser – sehingga dapat menginstal bahkan ketika sedang offline. Dengan kata lain : mendownload update terbaru berupa sebuah file installer terlebih dahulu, kemudian menginstallnya secara manual.


Setelah klik link diatas, akan diarahkan menuju halaman download Google Chrome, pada halaman tersebut akan ditanyakan berupa dua opsi, pilihlah yang sesuai. Setelah terinstal, Chrome akan berusaha untuk secara otomatis memperbarui ketika mendeteksi bahwa versi terbaru dari browser tersedia.

Namun, Google sendiri menyarankan agar pengguna mem-bookmark halaman ini dan datang kembali secara berkala untuk secara manual men-download versi terbaru dari Chrome. Dengan begitu, pengguna dapat memastikan untuk selalu menerima perbaikan keamanan dan fitur-fitur penting dari Chrome yang terbaru.

29 comments:

  1. wek.... saya gak pernah make chrome, ada auto update nya juga kaya mozila? emang auto update apapun itu saya lebih suka mematikannya, termasuk auto update windows.

    ReplyDelete
  2. Makasih info-nya Gan....Gak seperti Firefox yang ada disable di setting browser, ternyata Chrome harus masuk ke gpedit.msc segala.....
    Ane jarang banget make Chrome gan....bingung juga nih, bagusan mana...But, masih setia dengan mas FireFox.... :D
    Nice inpoh... :D

    ReplyDelete
  3. infonya berguna banget gan... walaupun sebenarnya ane juga ga srg2 amat pake chrome. tp boleh juga di coba :)

    ReplyDelete
  4. wah, bukankah bagus update otomatis?
    kn supaya selalu baru.

    ReplyDelete
  5. Chrome-ane Auto Updatenya Gak bekerja dengan Pastinya. Sehingga jika hendak di Update harus pakai yang Offline Installer.

    ReplyDelete
  6. thanz gan, ane bru thu ne yang kayak ginian
    salam blogger

    ReplyDelete
  7. Nah, ini yg ane cari pas buat usaha warnet. Keuntungannya tidak membebani kinerja koneksi internet pas mau browsing ato maen game online kgak lag, lagian ane kan udah di atur settingan bandwith nya. Jdi ane keopingin smua aplikasi program dinonaktifkan segala update nya (kecuali game online itu slalu update). Makasih banget buat infonya gan... :)

    ReplyDelete
  8. kok kagak ada GoogleUpdate.adm gan? letaknya dimana tu?

    ReplyDelete
  9. @deediks: saya kira langkah-langkah yang saya tuliskan sudah jelas. Mohon diteliti kembali, GoogleUpdate.adm harus didownload terlebih dahulu seperti langkah no. 1, disana tinggal klik link downloadnya akan otomatis download. Trims.

    ReplyDelete
  10. terima kasih tips triknya sob, meskipun saya gak pernah pake chrome, nih bermanfaat untk pengetahuan

    ReplyDelete
  11. yeah akhirnya saya bisa makasih mass mmuach :*

    ReplyDelete
  12. Sippp Boss Tutorialnya, Coz dah lama Chrome ane Lemot, Makasih bngt. Ane tunggu kunjungan balik nya. Oh yeach Blog nya dah ane pasang Boss, kalo berkenan pasang balik yach. Thank's

    ReplyDelete
  13. Wah banyak yang gunakan browser ini, aku juga gunakan ini, soalnya ringan klo main game online!

    ReplyDelete
  14. info ya bagus ini ,,makasih min..
    Tak tunggu update terbaru admin..

    ReplyDelete
  15. Chrome pling ringan dipake.. sippp...

    ReplyDelete
  16. TengKyu Gan...
    Lebih seru lagi Disini: http://timurbelambangan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. iklannya mengganggu sekali. gak menghargai pengunjng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas saranny Mba Yuni. Iklan sudah diperbaiki supaya tidak menganggu pengunjung... :)

      Delete
  18. Terima kasih Gan. Membantu bnget ni. soal ny quota klo pas tinggal dkit tau" Update Otomatis Chrome. rada ribet juga cara" ny . tp Pas di "Policy" saya pilih "Manual Update Only". jd pas ada Update Chrome tetap tau. tp klo gk update plih batal aj .

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat biar kuota saya hemat gan :)

    ReplyDelete
  20. bisa pake services, cari google update, klik 2x, pilih disable. done

    ReplyDelete
  21. Klo update historynya hilang nggak yaa?
    Blo baru mohon riviewnya
    http://tjcomputama.com

    ReplyDelete