Panduan Praktis, Tips, Trik dan Tutorial Seputar Komputer dan Internet

October 17, 2008

Koneksikan PC ke Jaringan Projector

Maksud dari judul artikel ini adalah mengkoneksikan satu projector pada beberapa perangkat PC yang nantinya akan digunakan untuk presentasi. Jadi masing-masing user tidak perlu melepas dan memasang proyektor ke komputer saat melakukan presentasi.


Untuk menggunakan fitur ini, maka sebuah komputer harus terkoneksi ke sebuah jaringan dan user juga harus mengijinkan komunikasi itu terjadi saat melewati Windows Firewall.
Baiklah, caranya seperti ini :

1. Klik Windows Start.
2. Pilih All Programs.
3. Klik Accesories dan pilih Connect to a Network Projector.

(Update gambar tampilan pada Windows 7 : 21 Juli 2010)
4. Saat prompt Windows Firewall muncul, maka itu tandanya sistem meminta ijin untuk mengkoneksikan ke sebuah Network Projector dan klik Yes.
5. Selanjutnya, spesifikasikan proyektor yang akan dikoneksikan. Pilih Search untuk sebuah proyektor dan tekan Enter untuk alamat projector.
6. Bila anda memilih Search untuk memilih sebuah projector, maka wizard akan menampilkan list projector yang tersedia. Pilih projector yang diinginkan, masukkan password (bila diinginkan) dan klik Connect.
7. Bila anda mengetahui address dari projector yang terhubung ke jaringan tadi, klik Enter pada address projector tersebut. Masukkan address untuk projector dan Projector password. Klik Connect.

Tutorial "Koneksikan PC ke Jaringan Projector" disini adalah menggunakan Windows Vista. Menu tersebut sudah pasti juga terdapat pada Windows 7.
(Last Update : 21 Juli 2010)

2 comments:

  1. yang bener saja mas,,
    windows versi berapa yg ada menu seperti itu..?

    ReplyDelete
  2. @Gharibhaldi : Trims atas commentnya. Mohon maaf saya ternyata lupa mencantumkan versi Windows dari tutorial tersebut. Versi Windows adalah Vista.

    Beneran koq gan, yang terdapat menu pada Accessories seperti diatas adalah pada Windows Vista dan sudah barang tentu terdapat pula pada Windows 7. Sudah saya tambahkan gambar, namun karena kompie sudah upgrade Windows 7 jadi seperti itulah. Untuk Windows versi XP memang tidak ada menu tersebut. Dengan demikian kekurangan sudah saya koreksi.

    ReplyDelete